Char & Coll Gifts

Moon Cake Festival



Mooncake with Tea
Mom ternyata beragamnya budaya asing yang masuk di Indonesia memperkaya keanekaragaman tradisi yang sampai sekarang masih terus dijalankan loh, salah satunya tradisi asal Tiongkok yaitu Moon Cake Festival. Di negeri asalnya, festivalMoon Cake menjadi perayaan istimewa dalam menyambut datangnya musim gugur (Mid-Autumn) yang jatuh setiap tanggal 15 bulan 8 penanggalan Imlek.

Untuk tahun 2015 ini, Festival Moon Cake jatuh pada tanggal 26 -27 September. Festival ini merupakan festival terbesar kedua setelah tahun baru yang biasa kita kenal di Indonesia sebagai tahun baru Imlek. Biasanya nih Mom, festival MoonCake dijadikan ajang kumpul keluarga besar dirumah guna menyatap Moon Cakeyang dilakukan pada saat bulan purnama.



Cemilan cantik ini merupakan makan yang paling digemari anak-anak loh Mom, bentuknya yang bundar atau persegi dengan diameter berkisar antara 10 cm dan ketebalan 4-5 cm. Biasanya berisi suatu pasta padat yang dibungkus kulit tipis setebal 2-3 mm dengan ditengahnya diberikan kuning telur asin.

Sekedar info nih Mom, beberapa Negara di Asia seperti Tiongkok dan Taiwan misalnya, pasti ada hari Libur Nasional untuk perayaan ini. Di Tiongkok pun biasanya merayakan satu hari sehubung dengan festival ini, biasanya sih Mom festival ini mengambil waktu akhir pekan dan perayaan biasanya ditambah dua hari bisa sampai 3 hari yang sudah termasuk hari puncak perayaannya Mom.

Berdasarkan tradisi Tiongkok, festival ini berawal untuk persembahan kepada Dewi Bulan loh Mom. Jadi Mom, berabad-abad silam masyarakat petani di Tiongkok ini mengamati pergerakan bulan untuk memahami pergantian musim dan menentukan waktu bercocok tanam, dan untuk mengungkapkan rasa syukur kepada bulan dan merayakan panen, mereka membuat persembahan kepada bulan di pertengahan Musim Gugur (Mid-Autumn). Mom ternyata jika ditelusuri secara sejarah, perayaan ini sudah berlangsung kurang lebih 3.000 tahun lalu loh, dimulai sejak zaman Dinasti Shang yang lebih dikenal dengan nama Zhongqiu Jie.


Kalau dulu nih ya Mom kue bulan memegang arti yang sangat penting untuk persembahan kepada dewi bulan, maka kini kue bulan sudah sangat berkembang, baik dalam segi bentuk dan rasa. Kue ini juga simbol persatuan dan penghubung erat dalam keluarga. Jadi Mom, makna dari makan kue bulan di bawah terang bulan purnama sungguh mengingatkan akan keluarga dan sahabat yang dikasihi. Saat ini, orang banyak memberikan bingkisan kue bulan kepada keluarga, sahabat dan para relasi untuk mengungkapkan bahwa mereka mendoakan agar keluarga, sahabat dan para relasi mendapat berkat umur yang panjang disertai hidup yang bahagia. 


(source by : berbagai sumber)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Moon Cake Festival"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.